FAQ DKV

Beberapa pertanyaan orang awam tentang jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual), bagi kalian yang berminat ataupun ragu-ragu ingin masuk ke jurusan ini mungkin dengan membaca ini jadi menemui jawabannya.

***

Q : Apa sih sebenarnya DKV?

A : DKV adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku).

Q : Berarti DKV sama dong dengan ilmu seni rupa?

A : Beda dong, pada seni rupa seniman berkarya dengan menumpahkan ekspresi maupun ungkapan emosi dari diri mereka sendiri maupun merespon masalah di sekitar mereka. Karya seni rupa biasanya di ekspresikan secara berbeda dari audience yang satu dengan lain. Seniman membuat karya dan menjualnya tanpa mendapt brief dari klien mereka nantinya. Sedangkan di dalam DKV, kita dituntut untuk mengkomunikasikan suatu pesan melalui media visual..media visual disini tidak hanya gambar tetapi bisa dengan banyak hal. Pesan yang disampaikan dalam DKV harus bisa diterima oleh audience dengan pengertian yang sama. Selain itu di dalam DKV biasanya kita membuat karya dengan brief sesuai yang diinginkan klien.

Q : Saya jago menggambar, berarti saya juga jago DKV dong?

A : Gak juga, karena di dalam DKV gak hanya menggambar yang diajarkan. Banyak orang yang beranggapan beranggapan bahwa jika sudah jago menggambar juga dianggap menguasai ilmu DKV. Padahal banyak juga hal lain yang diajarkan dalam DKV seperti fotografi, videografi, tipografi, desain grafis, dll.

Q : Saya gak pintar menggambar, saya bisa gak masuk DKV?

A : Bisa aja, karena di DKV menggambar hanya salah satu modal yang bisa diasah di semester awal dan karena banyak mata kuliah lain juga yang bisa kalian dalami selain menggambar secara manua. Terpenting adalah kalian harus kreatif dan interest terhadap DKV.

Q : Apa saja yang dipelajari dalam DKV?

A : Ok. Secara singkat pelajaran dasar dalam jurusan DKV ini.
1. Nirmana 2D : Sederhananya, nirmana adalah ilmu yang mempelajari elemen dan prinsip dasar desain. Dalam pelajaran ini, kita dituntut untuk menerapkan prinsip tersebut seperti, unity, balance, emphasis, dll. Selain itu di dalam Nirmana juga mempelajari teori warna yang nantinya akan di gunakan sebagai dasar mendesain.
2. Menggambar bentuk & anatomiĀ  : Mata kuliah yang mengajarkan kita untuk bisa menggambar bentuk yang ada di sekitar kita dengan teknik-teknik tertentu, selain itu menggambar anatomi adalah mempelajari menggambar anatomi manusia.
4. Tipografi : Sebuah disiplin ilmu yang mempelajari huruf dan penataannya.
5. Sejarah Seni dan Desain : Tentang sejarah seni awal mula desain terbentuk
6. Komputer Grafis : Pembelajaran tentang aplikasi-aplikasi yang mendukung kegiatan desain, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw,

dll.

Q : Prospek jurusan DKV bagaimana?
A : Melalui pembelajaran DKV, diharapkan dapat bekerja di bidang-bidang seperti, studio desain, periklanan, rumah produksi, desainer web, animator, ilustrator, dan institusi pendidikan.

Q : Bagaimana mengenai biaya?
A : Jurusan DKV memang terkenal mahal, tetapi percayalah semua itu sebanding dengan apa yang akan kita dapat nantinya. Di IT Telkom Purwokerto sendiri tidak mengharuskan semua mahasiswa memiliki alat-alat seperti kamera, semua bisa tetap berjalan karena tidak semua tugas dilaksanakan secara individu.

***