PENGUMUMAN Lomba Pameran “Care to Post”

“CARE TO POST!

LATAR BELAKANG

Perkembangan media sosial di era digital adalah salah satu tantangan budaya yang akan dihadapi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat banyumas pada khususnya. Kecenderungan untuk memposting apa yang ada di pemikiran ke dalam bentuk informasi digital sudah menjadi sesuatu yang biasa atau lumrah. Hal ini ternyata tidak diiringi dengan hadirnya konten-konten yang positif, malahan banyak konten-konten negatif yang hadir dan menjadikan ancaman bagi masa depan masyarakat digital dan kerifan budaya lokal.

Terinspirasi dari konsep kartu pos di masa lalu yang merupakan media untuk berbagi cerita atau informasi namun dilengkapi dengan suguhan artistik dalam wujudnya, kami civitas academica S1 DKV IT Telkom Purwokerto menghadirkan lomba dan pameran karya visual “Care to Post!”. “Care to Post!” merupakan sebuah inisiatif untuk menghadirkan konten-konten positif dan penuh inspirasi di media sosial yang diharapkan mampu menghidupkan kearifan budaya lokal dalam wujud karya visual (ilustrasi, komik strip, lettering dan fotografi). “Care to Post!” bertujuan untuk memotivasi aktivitas audience di era digital ke arah yang lebih baik. Dengan mengangkat tema “Better Bayumas” pergerakan ini akan memulai aksinya dengan sebuah lomba postingan digital (media sosial) dan pameran cetak karya terbaik peserta lomba dan tentu saja pemenangnya. Tema ini diharapkan akan menghadirkan postingan-postingan positif yang meliputi kepedulian sosial budaya atau apresiasi keindahan terhadap bumi banyumas dalam berbagai kekayaan interpretasi karya pesertanya.

JURI PERLOMBAAN

Dosen Prodi S1 DKV IT Telkom Purwokerto

DETAIL PELAKSANAAN ACARA

  1. Tema besar karya yang dilombakan adalah “Better Banyumas”, tema tersebut bisa diterjemahkan dalam sub tema kepedulian sosial budaya dan apresiasi keindahan terhadap bumi banyumas tercinta.
  2. Submisi karya visual (ilustrasi, komik strip, lettering dan fotografi) dalam bentuk postingan di media sosial instagram.
  3. Format ukuran karya hi-res peserta diwajibkan A3 dengan resolusi minimal 300 dpi (resolusi cetak), sedangkan ukuran minimal karya posting digital adalah 72 dpi.
  4. Peserta wajib follow akun instagram @dkv_ittelkom dan @ittelkompurwokerto.
  5. Postingan karya mencantumkan hashtag #caretopostdkv #dkvittelkom #yourictcampus.
  6. Postingan karya wajib tag dan mention ke akun @dkv_ittelkom dan @ittelkompurwokerto.
  7. Biaya pendaftaran lomba sebesar Rp.20.000 yang dibayarkan ke rek. Panitia (BNI : 0285961912 dan BCA : 8175011273, a.n Monica Revias Purwa K.).
  8. Bukti transfer pendaftaran dikirim ke email panitia : dkv@ittelkom-pwt.ac.id dan melampirkan data peserta (nama, alamat, link posting karya) disertai scan kartu pelajar/mahasiswa. Bisa juga melalui WA ke panitia (+628973316177).
  9. Karya yang dilombakan harus karya orisinal peserta dan bukan merupakan hasil karya orang lain (plagiarism)
  10. Karya tidak mengandung unsur SARA ataupun pornografi, kekerasan, dan isi foto menjadi tanggung jawab peserta.
  11. Periode postingan karya lomba 12 Februari – 12 Maret 2018.
  12. 25 Karya terbaik dan Karya pemenang akan dipamerkan dalam kegiatan pameran karya lomba “Care to Post!” di akhir bulan maret.
  13. Panitia memiliki hak untuk menggunakan karya terbaik dan pemenang lomba dalam berbagai kepentingan publikasi kegiatan lomba dan pameran karya visual “Care to Post!”.
  14. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  15. Setiap peserta yang telah mengirimkan karyanya, dianggap tunduk dan menyetujui segala peraturan yang telah ditentukan panitia.

PESERTA

  • Pelajar (SMA/SMK) dan Mahasiswa

HADIAH

Hadiah bagi pemenang lomba adalah sebagai berikut :

  • Juara 1 : Rp. 1.000.000 + Sertifikat Penghargaan
  • Juara 2 : Rp. 750.000 + Sertifikat Penghargaan
  • Juara 3 : Rp. 500.000 + Sertifikat Penghargaan
  • 25 Karya Terbaik : Souvenir + Sertifikat Penghargaan
Please follow and like us:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *